Jakarta, Properti Indonesia – Perumnas sebagai kepanjang tanganan pemerintah dalam program tiga juta rumah, terus berkomitmen sejahterakan masyarakat melalui penyediaan hunian layak dan terjangkau. Salah satu komitmen tersebut diwujudkan dengan penyediaan hunian bagi atlet nasional. Komitmen penyediaan hunian bagi para atlet telah diusung Perumnas pada tahun 2022 silam, dimana disediakan unit hunian kepada para atlet pemenang Paralympic dan dilanjut dengan penyediaan hunian bagi atlet pemenang Olimpiade di tahun 2024.
Komitmen ini terus Perumnas lakukan dengan terjalinnya kolaborasi dengan Tim Indonesia sebagai badan komersial dan marketing resmi Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia). Melalui kolaborasi ini, atlet-atlet Tim Indonesia yang pernah mewakili Merah Putih di kancah internasional akan mendapatkan special rate dalam kepemilikan hunian di seluruh produk Perumnas. Skema khusus ini terutama ditujukan bagi para atlet yang baru akan memiliki hunian pertama mereka, sehingga kebutuhan dasar tempat tinggal dapat terpenuhi dengan lebih layak, terjangkau, dan berkelanjutan.
“Apresiasi kepada atlet ini terus kami lakukan atas jasa mereka yang telah mengharumkan nama bangsa, dan kami memaknai hal tersebut dengan mewujudkan hunian impian bagi para atlet ini”, ujar Direktur Pemasaran Perumnas, Imelda Alini Pohan, di sela-sela penandatangan MoU kerja sama dengan Tim Indonesia.
Kolaborasi yang terjalin dengan Tim Indonesia menjadi salah satu inisiatif Perumnas untuk memperluas pangsa pasarnya di segmen pekerja informal. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2025, sekitar 59,40% masyarakat Indonesia pada usia produktif bekerja di sektor informal, meliputi profesi seperti konten kreator, ojek online, hingga atlet. Melalui langkah strategis ini, Perumnas berkomitmen memperluas akses hunian sekaligus mendukung program tiga juta rumah.
Direktur Utama Tim Indonesia, Richard Sam Bera, menegaskan inisiatif ini merupakan bentuk kepedulian terhadap kesejahteraan atlet. “Tempat tinggal adalah kebutuhan primer setiap orang, termasuk atlet. Melalui kerja sama dengan Perumnas, kami ingin memastikan para atlet Tim Indonesia memiliki kesempatan untuk mendapatkan hunian yang layak, terjangkau, dan tersebar di seluruh Indonesia sesuai dengan domisili mereka. Ini adalah bentuk komitmen kami untuk mendukung para pahlawan olahraga kita, tidak hanya di arena pertandingan, tetapi juga dalam kehidupan mereka sehari-hari”, ujar Richard.
Perumnas menyambut baik kolaborasi bersama Tim Indonesia karena setiap produk Perumnas tidak hanya mengikuti kebutuhan primer semata, namun juga mengikuti selera maupun preferensi pasar, diantaranya dengan menghadirkan hunian berkonsep TOD yang terkoneksi dengan transportasi umum, dan dilengkapi fasilitas modern berkonsep hijau sebagai penunjang kegiatan masyarakat”, ujar Imelda.
Pengembangan hunian berdasarkan preferensi pasar pun telah Perumnas terapkan di salah satu proyeknya di Kemayoran, dimana terjaring masukan dari Gen Z dan Milenial sebagai target market Perumnas di proyek tersebut. Sehingga, kebutuhan fasilitas pendukungkeseharian seperti, taman bermain, jogging track, hingga area komersial terpenuhi dengan baik di kawasan exisiting maupun pengembangan ke depannya.
“Melalui kolaborasi ini, kami berharap tidak hanya para atlet nasional menjadikan Perumnas preferensi utama dalam memilih hunian idaman, tetapi juga memperkuat positioning Perumnas di segmen pasar informal, sekaligus memperkuat kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program tiga juta rumah”, tutup Imelda.